Pengertian Model Pembelajaran
Berkenaan dengan pengertian model pembelajaran, Bell (1981) menyatakan bahwa suatu model pembelajaran secara umum dapat diterapkan pada berbagai mata pelajaran. Namun demikian, tidak ada suatu model pembelajaran yangcocok untuk setiap topik dalam suatu mata pelajaran
Joyce, Weil dan Showers (1992) mengemukakan pengertian model pembelajaran sebagai petunjuk bagi guru dalam merencanakan pembelajaran dikelas, mulai dari mempersiapkan perangkat pembelajaran, media dan alat bantu, sampai alat evaluasi yang mengarah pada upaya pencapaian tujuan pembelajaran.
Ada empat ciri khas model pembelajaran yang dikemukakan Arends (1997) yaitu;
1. Rasional teoritis yang bersifat logis yang bersumber dari perancangannya
2. Dasar pemikiran tentang tugas pembelajaran yang hendak dicapai dan bagaiman siswa belajar untuk mencapai tujuan tersebut
3. Aktivitas mengajar guru yang diperlukan agar model pembelajaran dapat dilaksanakan secara efektif, dan
4. Lingkungan belajar yang diperlukan untuk mencapai tujuan
Selanjutnya Lima Unsur penting sebagai uraian dari suatu model pembelajaran yaitu;
(1). Sintaks, yakni suatu urutan kegiatan yang baisa juga disebut fase
(2). Sistem Sosial, yakni peranan guru dan siswa serta jenis aturan yang diperlukan
(3). Prinsip-prinsip reaksi, yakni memberi gambaran kepada guru tentang cara memandang atau merespons pertanyaan-pertanyaan siswa
(4). Sistem pendukung, yakni kondisi yang diperlukan oleh model tersebut
(5). Dampak instruksional dan dampak pengiring, yakni hasil yang akan dicapai siswa setelah mengikuti pembelajaran
Rabu, 20 Januari 2016
Model Pembelajaran
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar