Asesmen
adalah proses mengamati sebuah sampel dari prilaku seorang siswa dan mengambil
kesimpulan tentang pengetahuan siswa tersebut. Dari definisi diatas ada
beberapa yang perlu perhatikan:
1. Asesmen
melibatkan pengamatan terhadap perilaku siswa. Seperti yang dinyatakan oleh
kaum behavioris, sangat mustahil melihat kedalam kepala siswa dan melihat
pengetahuan apa yang mengendap disana; kita dapat melihat hanya bagaimana siswa
berperilaku dalam situasi-situasi tertentu.
2. Asesmen
biasanya meliputi hanya sebuah sampel perilaku; kita tentu saja tidak dapat
mengamati dan melacak setiap hal yang dilakukan setiap siswa disekolah.
3. Asesmen
melibatkan pengambilan kesimpulan berdasarkan perilaku yang diamati untuk
membuat asesmen tentang prestasi siswa secara keseluruhan di kelas.
Perlu diperhatikan
tentang asesmen ialah asemen tidak melakukan apa pun tentang pembuatan
keputusan. Pikiran tentang asesmen kelas sebagai alat yang dapat membantu anda
memperbaiki pengajaran dikelas dan pembelajaran siswa. Biarkan asesmen memandu,
bukan mendikte, pembuatan keputusanmu. Asesmen tidak lebih dari sekedar alat
untuk membantu orang-orang dalam membuat keputusan. Misalnya guru,
administrator, pejabat pemerintah menafsirkan hasil-hasil asesmen dan
menggunakannya untuk membuat keputusan tentang siswa dan terkadang tentang
guru, program pengajaran dan juga sekolah.
0 komentar:
Posting Komentar